Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut Para Ahli

Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut Para Ahli

Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut Para Ahli - Produktivitas adalah suatu istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi untuk perbandingan antara keluaran (output) dengan masukan (input).Produktivitas bisa digunakan untuk alat ukur berhasil atau tidaknya suatu industri dan UKM dalam menghasilkan suatu barang dan/atau jasa. Jadi semakin tinggi perbandingan antara keduanya, maka semakin tinggi juga produk yang akan dihasilkan. Berikut inilah pengertian menurut para ahli.

Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut Herjanto, produktivitas merupakan suatu ukuran yang menyatakan bagaimana baiknya sumber daya diatur dan dimanfaatkan untuk mencapai hasil yang optimal

Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (1995), produktivitas berarti kemampuan untuk menghasilkan sesuatu daya untuk berproduksi.

Pengertian Produktivitas (Productivity) menurut Barnes (1980), produktivitas adalah perbandingan antara output dengan beberapa atau semua sumber yang digunakan untuk memproduksi input.

Pengertian Produktivitas (Productivity) menurut Sinungan (2000), produktivitas sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang-barang atau jasa) dengan masukan yang sebenarnya.

Pengertian Produktivitas (Productivity) menurut Smith dan Wekeley (1995), produktivitas adalah produksi atau output yang dihasilkan dalam satu kesatuan waktu untuk input.

Pengertian Produktivitas (Productivity) menurut Ghiselli dan Brown (1995) melihat produktivitas dari dua segi yaitu output sebagai pengukur produktivitas, yang didalamnya mengandung dua aspek yaitu jumlah dan kualitas, sedang yang lain dilihat dari segi hilangnya waktu sebagai pengukur produktivitas keija.

Pengertian Produktivitas (Productivity) menurut Greenberg, produktivitas sebagai perbandingan antara totalitas pengeluaran dibagi totalitas pemasukan dalam periode tertentu.

Pengertian Produktivitas (Productivity) menurut Widwoyo, 1990). Mu'thi (1990) menyatakan bahwa produktivitas adalah rasio antara keluaran dan masukan. Masukan disini adalah semua sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan keluaran, seperti bahan baku, energi dan tenaga kerja.

Doktrin dalam Konferensi Oslo tahun 1984 mencantumkan definisi umum produktivitas semesta yaitu : 'Produktivitas adalah suatu konsep yang bersifat universal yang bertujuan untuk menyediakan lebih banyak barang dan jasa untuk lebih banyak manusia, dengan menggunakan sumber-sumber riil yang makin sedikit.

Demikian Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut Para Ahli.

0 Response to "Pengertian Produktivitas (Productivity) Menurut Para Ahli"

Posting Komentar